Our History

Kami bersama membangun PT Usaha Gedung Mandiri dengan penuh keyakinan bahwa kami membuat perubahan, untuk pertumbuhan yang berkesinambungan

SEKILAS PT USAHA GEDUNG MANDIRI

Sejarah pendirian Gedung Wisma Mandiri (d.h. Gedung Bank Dagang Negara) ditandai dengan perjalanan yang cukup penting yaitu perencanaan dan pemacangan tiang pertama dilakukan oleh presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno pada tanggal 25 Maret 1964 dan peresmian gedung dilaksanakan oleh presiden ke-dua Republik Indonesia, Soeharto pada tanggal 30 Agustus 1969.

Gedung Wisma Mandiri didirikan dalam 2 tahap, awalnya pada tahun 1964, pembangunan Wisma Mandiri dimulai diatas lahan 8.400 m2 yang struktur dan kerangka betonnya diselesaikan 11 lantai dari rencana 17 lantai. Kemudian tahun 1968 dilanjutkan dengan pekerjaan pengadaan fasilitas mekanikal, elektrikal dan interior hingga selesai pada tahun 1969.

Beberapa tahun kemudian, pada tanggal 11 April 1984 bangunan perkantoran ini diperluas dengan sebuah gedung baru berlantai 26 dengan total luas 21.000 m2. Dengan seleseinya pembangunan gedung yang baru, maka gedung yang pertama diberi nama Gedung Wisma Mandiri I, kemudian bangunan kedua dinamakan Gedung Wisma Mandiri II.

About Us

PT Usaha Gedung Mandiri (dahulu PT Usaha Gedung Bank Dagang Negara) didirikan pada tanggal 29 Oktober 1971 dengan bidang usaha Property khusus nya Office Rental.  Pada awalnya merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) Joint Venture dengan AMCO ASIA yang didirikan pada tahun 1964.  Sejak tahun 1971 berubah menjadi perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri karena seluruh sahamnya dimiliki PT Bank Dagang Negara (Persero).

PT Usaha Bank Dagang Negara adalah  pelopor dalam bisnis property khususnya office rental. Gedung pertama yang dimiliki dikenal dengan nama Gedung Bank Dagang Negara.  Setelah berubah nama menjadi PT Usaha Gedung Mandiri pada tahun 2012, bisnis perusahaan dikembangkan pada bidang jasa penunjang bisnis Bank, dengan menjalankan aktivitas “non core business” PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi “core business” PT Usaha Gedung Mandiri.

Dengan nilai market share bisnis dari Bank Mandiri sebesar 98%, PT Usaha Gedung Mandiri berkontribusi memberikan manfaat (benefit) secara langsung kepada semua pegawai aktif PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Setiap tahun perusahaan memberikan dividen kepada pemegang saham (Dana Pensiun Bank Mandiri ) untuk pengembangan Dana Simpanan Pegawai Bank Mandiri.

Ruang lingkup bisnis PT Usaha Gedung Mandiri terdiri dari  4 bidang usaha utama :
–    Building Management
–    Construction & Interior
–    Property & Rental
–    Cash Management

Persaingan usaha  yang semakin kompetitif telah mendorong PT Usaha Gedung Mandiri mulai mengembangkan bisnis jasa lainnya yang terkait dengan industri perbankan. Bisnis yang dikembangkan sejak tahun 2011 meliputi :
–    Jasa Cash Replenishment (CR)
–    Jasa First Level Maintenance (FLM) ATM
–    Jasa Second Level Maintenance (SLM) ATM
–    Pengembangan System Integrator, Document Management, dan ATM leasing
–    Cash In Transit (CIT)
Keberhasilan pengembangan bisnis baru tidak terlepas dari perhatian PT Usaha Gedung Mandiri dalam penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten.

Dalam menghadapi trend jasa penunjang bisnis Bank yang berbasis Information Technology  (IT Base), PT Usaha Gedung Mandiri telah mengambil langkah strategis dengan melakukan Transformasi Organisasi dan SDM yang dimulai pada bulan September 2016.  Pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan menjadi perhatian utama Jajaran Manajemen dengan menjalankan kebijakan operasional Perusahaan berdasarkan “Prinsip Kehati hatian” dan “Tata Kelola Perusahaan Yang Baik” (Good Corporate Governance / GCG).  Pertumbuhan asset perusahaan meningkat secara signifikan mulai tahun 2011 dengan kenaokan rata-rata pertahun 26,4 %. Sementara pertumnbuhan asset dalam periode sebelumnya (2004 -2010) rata-rata pertahun sebesar 4,2%.

Saat ini Kantor Regional Bisnis Cash Management dan Building Management PT Usaha Gedung Mandiri tersebar di kota kota besar seluruh Indonesia, yaitu :  Jakarta, Bekasi, Bintaro, Depok, Bogor, Serang, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Sidiarjo, Gresik, Malang, Denpasar, Medan, Pangkal Pinang, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, Batam, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Gorontalo.

Certifications

Dengan pengalaman yang lebih dari 45 tahun, PT Usaha Gedung Mandiri selalu meningkatkan sistem manajemen maupun sumber daya manusia di era Globalisasi. Berkat kerja keras jajaran perusahaan, PT Usaha Gedung Mandiri telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001: 2000 pada tahun 2007 dan Sertifikat tersebut telah diperbaharui menjadi versi ISO 9001: 2008 pada tahun 2010.